Wisata Alam Jogja Goa Gajah

Halo guys….kali ini kita akan membahas tentang wisata alam diJogja yaitu Goa Gajah yang berada di desa wisata Lemahbang.

Desa wisata Lemahbang menyuguhkan panorama alam pedesaan yang hijau dimana sebelah timurya terdapat lembah yang sangat curam dan juga pemandangan beberapa goa diantaranya adalah goa gajah, goa vertikal, dan banyak goa kecil lainya sangat ideal untuk tempat rekreasi dan juga berkemah.Terletak di pedesaan di kawasan pegunungan, desa Lemahbang dapat ditempuh sekitar 45 menit dari kota Jogja dengan kendaraan bermotor.Hal menarik yang bisa ditemui di Desa wisata Lemahbang salahsatunya adalah Goa Gajah

Nama goa gajah berasal dari adanya ciri khas gumpalan batu yang berbentuk menyerupai gajah di dalam goa. Goa ini merupakan goa horisontal dengan kedalaman sekitar 200 meter, kondisi alam goa ini masih cukup alami dengan stalaktit dan stalakmit yang indah di sepanjang goa. Di dalam goa masih banyak ditemui kelelawar dan air yang terus menetes sehingga membuat dasar goa ini cukup licin untuk dilalui.

goa-gajah-masuk
Goa Gajah adalah sebuah goa alami yang namanya diambil dari adanya sebuah gumpalan batu yang berbentuk menyerupai gajah di dalam goa. Goa ini merupakan goa horisontal dengan kedalaman sekitar 200 meter akan tetapi untuk kedalamn yang sesungguhnya belum ada yang tahu dikarenakan adanya tumpukan tanah di sebagian goa sehingga jalan menjadi sempit untuk dilalui, kondisi alam goa ini masih cukup alami dengan stalaktit dan stalakmit di sepanjang goa.
goa-gajah
Di ujung goa terdapat sebuah pohon besar dan tinggi menjulang hingga ke luar goa, sehingga menyerupai hutan mini di dalam goa. Keberadaan pohon dan semak-semak di dalam goa ini dikarenakan ambrolnya atap goa sehingga tanah dan tanaman diatasnya masuk ke dalam goa dan tetap hidup hingga sekarang.

dscf0083
Selain goa gajah disekitaran wilayah ini juga terdapat goa-goa kecil lainya, seperti goa vertikal, goa longan, goa menek, goa jamiromo, goa wonolagi, dan goa kembang.
anda juga bisa melepas lelah di sebelah goa ada sebuah gardu pandang dengan panorama alam yang bagus di temani hempasan angin dan udaranya yang sejuk.

LETAK GOA GAJAH

Goa Gajah Dlingo Bantul Yogyakarta tepatnya berlokasi di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, sekitar 21 kilometer sebelah tenggara Kota Bantul Yogyakarta. Goa ini dapat diakses dari dua arah, pertama melalui jalur Imogiri-Dlingo. Yang ke dua jalur Pathuk-Dlingo-Mangunan.

SAM_2742

Bagi anda yang melalui jalur Imogiri, route yang lazim adalah masuk jalan ke arah makam Raja-raja Imogiri kemudian pada pertigaan akan sampai lokasi makam Raja ke kanan ambil Jurusan ke Dlingo dan ikuti jalan beraspal hotmix tersebut sekitar 4 km dengan kondisi jalan meananjak sampai di Desa Mangunan, anda akan menemukan pertigaan (tepatnya pertigaan ini berada di depan komplek Balai Desa dan Puskesmas Mangunan), lurus menanjak ke arah Terong. Untuk menuju goa Gajah ini, anda harus mengambil kearah kanan dan mengikuti jalan beraspal hotmix dengan kondisi menurun kurang lebih 1.5 km kondisi jalan berkelok-kelok. Setelah habis jalan menurun ini, (ada gorong-gorong) dan bangunan gardu di kanan jalan, mungkin tak terlihat karena jalan menurun, anda harus berbelok kanan dan kondisi jalan kondisi tanah liat, ikuti jalan tersebut kurang lebih 1km akan sampai lokasi.

Dari jalur Pathuk-Dlingo-Mangunan, setelah sampai Pasar Dlingo ikuti jalur ini. Hati-hati karena di Jalur kali urang jalan menurun tajam, dan setelah melewati jembatan akan menanjak cukup terjal. Setelah memasuki dukuh Seropan, anda akan menemukan belokan dan dikiri jalan akan terlihat persawahan, kemudian akan terlihat gorong-gorong, kemudian ambil kiri melewati jalan tanah kondisi tanah liat kurang lebih 1 km sampai lokasi.

Bila anda butuh transportasi maupun penjemputan untuk menuju ke berbagai objek wisata diJogja,anda bisa menghubungi kami Neo Limas Trans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *