Candi Sewu Kalasan

Candi Sewu berusia lebih tua dari candi Hindu terdekat, Prambanan. Meskipun candi ini dibangun sejak abad ke-8, Candi Sewu selamat dari sedikitnya dua gempa bumi dahsyat, pada abad ke-10 dan tahun 2006. Sisa-sisa bencana ini tersebar di sekitar candi dalam bentuk batu yang berserakan. Pekerjaan restorasi dan konservasi situs ini sedang berlangsung.

 

Mengingat ukurannya yang sangat besar, Candi Sewu tampaknya merupakan salah satu tempat penyembahan Buddha di Jawa di zamannya, dan dibangun untuk keluarga kerajaan.Salah satu candi Buddha terbesar di Jawa ini merupakan sebuah keajaiban arsitektural yang kompleks dan indah yang menawarkan wawasan unik ke masa silam Indonesia.Memiliki kompleks luas berisi lebih 250 bangunan keagamaan, Candi Sewu merupakan candi Buddha kedua terbesar di Jawa.

Meskipun candi ini tidak sebesar kompleks candi Borobudur, keduanya memiliki keindahan dan kerumitan yang sama. Anda akan merasa kecil jika dibandingkan dengan patung kuno yang berada di candi ini, bayangkan apa yang orang Jawa pikirkan saat berada di antara bangunan ini berabad-abad yang lalu.


Di keempat gerbang Candi Sewu terdapat patung raksasa yang menjaga pintu masuk. Penjaga ramalan yang dipersenjatai dengan pentungan ini merupakan salah satu bagian yang tak terlupakan dari situs ini. Anda dapat melewati mereka dan masuk ke bangunan utama, sebuah candi yang menjulang di atas pedesaan seperti gunung dengan sembilan ujung yang berbeda. Ujung-ujung ini menghiasi atapnya yang runcing.

Lihatlah lebih dekat dan perhatikan ukiran penuh kerumitan yang menutupinya serta bagian bangunan lainnya.Luangkan waktu Anda untuk melihat lusinan tempat pemujaan lebih kecil yang tersebar di sekeliling kompleks. Masing-masing memiliki detail yang sama indahnya dengan bangunan utama.


Anda tidak dapat mengetahui segala hal hanya dengan melihat situs yang luar biasa ini. Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk menikmati suasana magis di candi ini, kemudian kunjungi salah satu candi bersejarah di dekatnya. Di antaranya candi Prambanan, candi Hindu yang terkenal, serta candi Lumbung dan Bubrah, candi Buddha yang lebih kecil.

Bila anda memerlukan kendaraan untuk menuju Candi Sewu maupun objek wisata lainnya anda bisa menghubungi kami NeoLimasTrans.Kami siap mengantarkan anda sampai tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *